Kitab Al-Ibanah An-Ushulid Diyanah karya Imam Abul Hasan Al-Asy'ary
ini sangat fenomenal, karena kitab ini menjelaskan rujuknya beliau
terhadap pemahaman salaful ummah dari pemahaman sebelumnya yaitu
Mu'tazilah dan Filsafat (Ilmu Kalam), Sayangnya saat kitab ini tersebar
luas, maka sebagian pengikutnya yang mempunyai ego tinggi enggan
mengikutinya, hanya Allah yang mengetahui sebabnya...
Dan mereka pun melakukan tindakan gencar saat hujjah-hujjah mereka "ditekuk" oleh sang Imam yang menjadi panutannya, membantah sang Imam mereka tak sanggup meruntuhkan nama besarnya, maka diambillah jalan pintas yang lucu dan menggelikan, yaitu mereka menuduh kitab ini di PALSUKAN .. !!!
Ebook ini dalam format .rar dan didalamnya disertakan DJVU viewer, untuk membukanya setelah di Unzip dengan WinRar , klik DJVU viewer untuk membukanya, kemudian buka Ebook melalui DJVU Viewer pada Open File . Gampangkan..
Nah inilah Ebook Istimewanya .. :
Dan mereka pun melakukan tindakan gencar saat hujjah-hujjah mereka "ditekuk" oleh sang Imam yang menjadi panutannya, membantah sang Imam mereka tak sanggup meruntuhkan nama besarnya, maka diambillah jalan pintas yang lucu dan menggelikan, yaitu mereka menuduh kitab ini di PALSUKAN .. !!!
Ebook ini dalam format .rar dan didalamnya disertakan DJVU viewer, untuk membukanya setelah di Unzip dengan WinRar , klik DJVU viewer untuk membukanya, kemudian buka Ebook melalui DJVU Viewer pada Open File . Gampangkan..
Nah inilah Ebook Istimewanya .. :
‘Wahabi’ Telah Memalsukan Kitab Al-Ibaanah ?
Ini
adalah tuduhan yang getol dikampanyekan oleh kaum Asy’ariyyah kepada
Ahlus-Sunnah. Sebelum ini mereka menolak penisbatan kitab Al-Ibaanah kepada Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah.
Namun karena bukti-bukti yang ada sedemikian kuat menunjukkan bahwa
kitab tersebut memang benar-benar karya Al-Imam Al-Asy’ariy[12],
maka mereka beralih kepada tuduhan lain tentang adanya pemalsuan kitab
tersebut. Saya ambil sedikit contoh dari perkataan mereka (yaitu
perkataan orang yang sangat benci kepada dakwah salaf : Abu Syafiq
Al-Ahbasyiy - yang kemudian banyak ditaqlidi oleh seorang jahil yang
menamakan dirinya Salafytobat) :
Al-Allamah al-Kauthari ada menyatakan pada pada muqaddimah kitab tabyin kizb al-muftari : Naskhah kitab al-Ibanah yang
dicetak di India adalah merupakan naskhah yang telah dipalsukan
sebahagian dari isinya, adalah menjadi kewajipan untuk mencetak semula
sebagaimana yang asal dari manuskrip yang dipercayai.
Dr Abd rahman Badawi didalam kitabnya berjodol mazahib islamiyyin menyokong pandangan al-Kauthari dengan katanya :
Apa yang telah disebut oleh al-Kauthari adalah merupakan suatu yang benar , dimana kitab al-Ibanah telah dicetak semula di India dengan permainan pehak-pehak jahat
Kita katakan :
Bagaimana
bisa Al-Kautsariy (yang kemudian diamini oleh Abdurrahman Badawiy)
mengatakan bahwa manuskrip yang ada di India adalah cetakan yang salah
padahal ia tidak melakukan perbandingan dan penelitian di antara
manuskrip-manuskrip yang ada ? Tidak lain ia mengatakan hal itu karena
bertentangan dengan ‘aqidahnya yang Jahmiyyah. Bagi para peneliti, tentu
tidak asing bagaimana talbis yang biasa dilakukan oleh Al-Kautsari ini, sebagaimana ia lakukan pada kitab Al-Baihaqiy yang berjudul Al-Asmaa’ wash-Shifaat. Sudah sangat dimaklumi bahwa tahqiq (penelitian) kitab tidaklah berkembang di kalanganahlul-bida’.
Mereka banyak menghukumi bukan berdasarkan ilmu, namun hanya
berdasarkan hawa nafsu. Memang benar ada beberapa ‘kekeliruan’ pada
manuskrip di India, namun itu jumlahnya sedikit. Dr. Shaalih bin Muqbil
Al-‘Ashimiy hafidhahullah telah menulis desertasi S3 tentang kitab Al-Ibaanah. Beliau banyak menelaah beberapa manuskrip kitab Al-Ibaanah diantaranya
: Manuskrip yang tersimpan di Daarul-Kutub Al-Quumiyyah Al-Mishriyyah
di Kairo, bernomor 107 & 377; manuskrip Hindiyyah yang tersimpan di
Maktabah Jaami’ah ‘Utsmaniyyah di Heidar-Abad, nomor 502; manuskrip yang
tersimpan di Maktabah Azhariyyah, nomor 904; dan lain-lain. Juga
beberapa cetakan dari beberapa penerbit seperti : Cetakan Dr. Fauqiyyah
Mahmud, Cet. Daarul-Bayan Beirut dengan pentahqiq Basyir ‘Uyuun, Cet.
Daarun-Nafaais Beirut dengan pentahqiq ‘Abbas Shabbaagh, dan yang
lainnya.
Oleh karena itu, perkataan mereka (= Abu Syafiq Al-Ahbasyiy) :
Setelah merujuk kepada semua cetakan kitab Al-Ibanah
adalah
merupakan bualan semata. Kita ketahui bahwa seorang Abu Syafiq
Al-Ahbasyiy tidak mempunyai kapasitas sebagai seorang pentahqiq. Selain
disebabkan banyaknya kedustaan yang telah ia lakukan dalam banyak
tulisannya, juga perlu kita tanyakan : ‘Dari mana ia mendapati semua cetakan ataupun manuskrip kitab Al-Ibaanah sebagai bahan untuk men-tahqiq satu
kitab ? Sedangkan dalam tulisannya hanya tersebut dua cetakan saja
(yaitu Cet. Dr. Fauqiyyah dan Cet. Universitas Islam Madinah !?!
Bagaimana ia bisa melakukan perbandingan dan penelitian ?
Ia (Abu Syafiq Al-Ahbasyiy) mengatakan :
Bahkan tertera pada cetakan kitab Al-Ibanah ‘An Usuli Ad-Diyanah oleh
Imam Abu Hasan Al-Asya’ry yang diTahkik Oleh Dr. Fauqiyah Husain
Mahmoud , Prof Di Universiti ‘ain Syam Kaherah Mesir cetakan 2 Tahun
1987 M didapati dalam kitab Al-Ibanah tersebut Al-Imam Abu Hasan
Al-Asya’ary menyatakan : ‘Istiwa Allah bukan bersentuhan, bukan menetap, bukan mengambil tempat, bukan meliputi Arasy, bukan bertukar tempat,
bukanlah Allah diangkat oleh Arasy bahkan Arasy dan malaikat pemikul
arasy-lah yang diangkat oleh Allah dengan kekuasaan-Nya, dan mereka
dikuasai oleh Allah dengan keagungan-Nya”
Pernyataannya
dan nukilannya ini justru semakin memperjelas pernyataan bahwa Abu
Syafiq bukan merupakan orang berilmu yang mempunyai kemampuan melakukan
penelitian terhadap kitab para ulama. Ia hanya membaca, menukil, dan
membenarkan satu pernyataan yang berkesesuaian dengan hawa nafsunya.
Saya
katakan : Justru cetakan Dr. Fauqiyyah Mahmud yang ia nukil – dan
kemudian ia benarkan – tersebut merupakan cetakan yang terdapat banyak
kekeliruan. Termasuk diantaranya adalah kalimat yang ia nukil di atas.
Kalimat yang ia nukil tersebut merupakan tambahan yang tidak terdapat
dalam manuskrip yang mahfudh. Perhatikan lafadh cetakan Dr. Fauqiyyah di bawah :
وأن الله تعالى استوى على العرش على
الوجه الذي قاله وبالمعنى الذي أراده استواء منزها عن الممارسة والاستقرار
والتمكن والحلول والانتقال لا يحمله العرش، بل العرش وحملته محمولون بلطف
قدرته ومقهورون في قبضته وهو فوق العرش وفوق كل شيء إلى تخوم الثرى فوقية
لا تزيده قربا إلى العرش والسماء بل هو رفيع الدرجات عن العرش كما أنه رفيع
الدرجات عن الثرى وهو مع ذلك قريب من كل موجود وهو أقرب إلى العبد من حبل
الوريد وهو على كل شيء شهيد
“Dan bahwasannya Allah ta’ala ber-istiwaa’ di atas ‘Arsy dalam bentuk sebagaimana yang Ia firmankan. Adapun makna istiwaa’ sebagaimana
yang dimaksudkan adalah : Terbebas dari bersentuhan, menetap, bertempat
tinggal, mendiami, serta berpindah (tempat). ‘Arsy tidak
membawa/mengangkat Allah, namun ‘Arsy dan malaikat pemikulnya lah yang
dibawa/diangkat oleh Allah dengan kekuasaannya, serta dikuasai dalam
genggaman-Nya; sedangkan Ia berada di atas ‘Arsy. Dan Allah berada di
atas segala sesuatu. Keberadaan Allah di atas segala sesuatu (fauqiyyah)
tidaklah menambah dekat kepada ‘Arsy dan langit. Namun hal itu
menunjukkan makna tingginya kedudukan Allah dari ‘Arsy sebagaimana juga
ketinggian kedudukan Allah dari muka bumi. Bersamaan dengan itu, Allah
sangat dekat dengan segala sesuatu. Dia lebih dekat dengan hamba dari
urat lehernya. Dan Allah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu”
[selesai].
Yang mahfudh dari perkataan Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah sebagaimana
terdapat dalam beberapa manuskrip – sebagaimana ditegaskan oleh Dr.
Shaalih bin Muqbil Al-‘Ashimiy dalam desertasinya – adalah sebagai
berikut :
وأن الله استوى على عرشه كما قال : (الرحمن على العرش استوى).
“Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5)” [lihat Al-Ibaanah ‘an Ushuulid-Diyaanah oleh Abul-Hasan Al-Asy’ary hal. 9; Daar Ibni Zaiduun, Cet. 1] – perhatikan kalimat yang saya garis bawah !!
Apalagi hal itu dikuatkan dari nukilan Adz-Dzahabi rahimahullah dalam kitab Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar sebagaimana telah lewat penyebutannya - yang persis seperti kalimat di atas tanpa ada penambahan. Hal yang sama oleh Ibnu ‘Asaakir dalam Tabyiin Kadzibil-Muftariy hal. 158[13]; Ibnu Taimiyyah dalam Majmu’ Al-Fataawaa 5/142, Dar’ut-Ta’arudl Al-‘Aql wan-Naql 7/104, dan Bayaan Talbiisil-Jahmiyyah 2/15; Ibnul-Qayyim dalamIjtimaa’ul-Juyuusy Al-Islaamiyyah hal. 169; Ibnul-‘Imad dalam Syadzdzaraatudz-Dzahab2/304; Al-Alusiy dalam Ruuhul-Ma’aaniy 1/60 (dengan peringkasan); ‘Abdul-Baqiy Al-Hanbaliy dalam Al-‘Ain wal-Atsar fii Mawaahibi Ahlil-Atsar hal. 111; dan lain-lain – dimana semua menukil/menyebutkan tanpa adanya penambahan kalimat dalam cetakan Dr. Fauqiyyah.
Perlu
diketahui bahwa kalimat tambahan di atas hanya ada dalam
naskah/manuskrip yang terdapat di Iskandariyyah yang kemudian dijadikan
acuan dalam cetakan Dr. Fauqiyyah. Adapun dalam naskah-naskah
(manuskrip) yang lain tidak terdapat tambahan kalimat tersebut. Selain
itu, kelemahan naskah/manuskrip ini adalah tidak diketahuinya siapa yang
menulisnya/menyalinnya dan tanggal penulisannya. Banyak hal yang
menunjukkan kelemahan tambahan ini. Apalagi tambahan lafadh tersebut
merupakan gaya khas Mu’tazilah yang banyak melakukan ta’wil (seperti Asy’ariyyuun) dimana madzhab ini telah ditinggalkan – dan bahkan dicela – oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah. Kuat penunjukkannya adanya tambahan ini berasal dari Al-Ghazaliy rahimahullah, karena tambahan lafadh ini hanya tertulis dalam tiga buah kitabnya, yaitu : Ihyaa ‘Uluumiddin1/90, Al-Arba’iin fii Ushuuliddiin hal. 7-8, dan Qawaaidul-‘Aqaaid hal. 52.
Scan kitab Al-Ibaanah hal. 9 (Daar Ibni Zaiduun) dapat dilihat di bawah :
Kalangan salaf rahimahullah telah sepakat bahwa Allah ta’ala ber-istiwaa’ (bersemayam) di atas ‘Arsy dan tidak ada sesuatu apapun yang tersembunyi dari-Nya di antara perbuatan-perbuatan mereka. Makna istiwaa’ Allah adalah hakiki, bukan seperti istiwaa’(bersemayam)-nya makhluk.
Dalam menafsirkan kata istiwaa’, kalangan salaf mempunyai empat ungkapan : al-‘ulluw(ketinggian), al-irtifa’ (meninggi), as-su’uud (naik), dan al-istiqrar (menetap). Allah ber-istiwaa’ di atas ‘Arsy bukan karena Dia membutuhkan ‘Arsy.
Banyak dalil yang mendasari tentang ‘aqidah ini, diantaranya :
Firman Allah ta’ala :
إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy” [QS. Al-A’raf : 54].
إِنَّ
رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ
أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الأمْرَ
“Sesungguhnya
Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam
masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala
urusan” [QS. Yunus : 3].
وَهُوَ
الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَكَانَ
عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا
“Dan
Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah
‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang
lebih baik amalnya” [QS. Huud : 7].
Juga sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إن الله لما قضى الخلق، كتب عنده فوق عرشه: إن رحمتي سبقت غضبي
“Sesungguhnya
Allah ketika Dia selesai menciptakan ciptaan-Nya, Dia menulis di
sisi-Nya di atas ‘Arsy-Nya : Sesungguhnya rahmat-Ku mendahului murka-Ku” [HR. Al-Bukhari no. 7422 dan Muslim no. 2751].
عن أنس قال : فكانت زينب تفخر على أزواج النبي صلى الله عليه وسلم تقول: زوَّجكنَّ أهاليكنَّ، وزوجني الله تعالى من فوق سبع سماوات
Dari Anas ia berkata : Adalah Zainab membanggakan dirinya atas istri-istri Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam,
ia berkata : “Yang menikahkan kamu (dengan Nabi) adalah
keluarga-keluargamu, sedangkan yang menikahkan aku adalah Allah ta’ala
yang berada di atas tujuh langit” [HR. Al-Bukhari no. 7420].
Diriwayatkan
oleh Syaikhul-Islaam Abul-Hasan Al-Hakariy dan Al-Haafidh Abu Muhammad
Al-Maqdisiy melalui isnad mereka yang sampai kepada Abu Tsaur dan Abu
Syu’aib; mereka berdua dari Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syaafi’iy,
seorang pembela haditsrahimahullah. Beliau berkata :
القول
في السنة التي أنا عليها، ورأيت عليها الذين رأيتهم، مثل سفيان ومالك
وغيرهما، الإقرار بشهادة أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله، وأن
الله على عرشه في سمائه، يقرب من خلقه كيف شاء، وينزل إلى السماء الدنيا
كيف شاء.... وذكر سائر الاعتقاد.
“Pendapatku
tentang Sunnah, dimana aku berpegang kepadanya, dan juga berpegang
kepadanya orang-orang yang aku lihat semisal Sufyan, Malik, dan
lain-lain; yaitu pengakuan terhadap persaksian bahwa tidak ada tuhan
yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Muhammad itu utusan
Allah, dan bahwa Allah itu berada di atas ‘Arsy-Nya yang ada di
langit-Nya. Dia mendekat kepada makhluk-Nya menurut apa yang Dia
kehendaki dan turun ke langit terendah menurut apa yang Dia kehendaki”.
Lalu beliau (Al-Imam Asy-Syafi’iy) pun menyebutkan seleuruh i’tiqad-nya” [Mukhtashar Al-‘Ulluw, hal. 176].
Oleh karena itu, makna istiwaa’ adalah sebagaimana dhahirnya. Bukan di-ta’wil denganistilaa’ (menguasai) sebagaimana diyakini oleh Asy’ariyyah – yang hal ini justru dibantah oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah dalam kitab Al-Ibaanah dan Maqaalatul-Islaamiyyiin, sebagaimana telah berlalu penyebutannya.
Mereka (ahlul-bida’) juga berkata :
Para pengkaji mendapati dua pasal dari kitab al-Ibanah yang telah dimuatkan di dalam kitab tabyin kizb al-muftari karangan Imam Ibnu Asakir dan kitab al-Ibanah yang berada dipasaran ternyata dengan jelas terdapat pemalsuan.
Contoh pemalsuan kitab al-Ibanah:
Kitab Ibanah yang berada dipasaran : halaman 16 (وأنكروا أن يكون له عينان…. )
Kalimah عينان dengan lafaz tathniah(menunjukkan dua).
Kitab Ibanah cetakkan Dr Fauqiyyah : halaman 22 (وأن له عينين بلا كيف….)
Kalimah yang digunakan juga adalah dari lafaz tathniah(menunjukkan dua).
Kitab Ibnu Asakir halaman 158 : (وأن له عينا بلا كيف….)
Kalimah yang digunakan adalah lafaz mufrad ( satu )
Kalimah mufrad adalah bertepatan dan tidak bertentangan dengan al-Kitab ,al-Sunnah dan pendapat-pendapat salaf.Ini kerana lafaz عينين tidak warid (datang) di dalam al-Kitab dan al-Sunnah. Ini kerana menduakan kalimah عين adalah
dianggap mengkiaskan Allah dengan makhluk yang sesuatu yang dapat
disaksikan secara zahir .Maha suci Allah dari yang demikian itu.
Ini
adalah satu kedustaan sekaligus kejahilan dari si empunya kalam. Orang
ini – dengan tulisannya di atas – semakin menunjukkan minimnya
pengetahuan yang dimiliki. Namun sungguh disayangkan jika ia berpuas
diri dengan statement tanpa arti.
Sudah sangat lazim bahwa di alam percetakan kitab terdapat banyak perbedaan lafadh.
Jangan buru-buru menuduh adanya pemalsuan. Mungkin disebabkan oleh
faktor teknis pencetakan ataupun memang perbedaan manuskrip yang
dijadikan acuan. Ini terjadi dalam cetakan kitab para ulama. Misalnya, tahqiq yang dilakukan oleh Asy-Syaikh Ahmad Syaakir dan Mahmud Syaakir – ahli hadits Mesir - terhadap Tafsir Ath-Thabariy; Asy-Syaikh Syu’aib Al-Arna’uth terhadap Jaami’ul-Ulum wal-Hikaam; Asy-Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman terhadap Al-I’tishaam lisy-Syaathibi;
dan yang lainnya yang semuanya menjelaskan pada kita adanya perbedaan
lafadh dalam beberapa cetakan kitab yang beredar. Kemudian, para muhaqqiq tersebut melakukan tashhih (koreksi) atas beberapa manuskrip atau cetakan yang ada untuk menghasilkan satu matan kitab yang sesuai dengan aslinya.
Tentu
saja kenyataan ini berbeda dengan ahlul-bid’ah yang jarang/tidak pernah
melakukan penelitian, sebagaimana telah dikatakan sebelumnya. Jika ia
menemukan perbedaan lafadh dalam satu cetakan kitab, maka ia pilih yang
sesuai dengan hawa nafsunya serta melemparkan tuduhan kepada pihak yang
beseberangan dengannya sebagai pihak yang telah memalsukan kitab.
Kembali kepada kitab Al-Ibaanah, jika yang dipermasalahkan adalah kata mata/‘ain (عَيْنٌ) yang merupakan salah satu sifat dzatiyyah bagi Allah – apakah ia berbentuk mufrad(tunggal) atau mutsanna (mempunyai pengertian dua) –, maka seharusnya kita kembalikan kepada matan kitab Al-Ibaanah itu
sendiri. Segala nukilan yang ada di kitab lain, maka itu bukan menjadi
acuan utama. Bahkan jika ada perbedaan antara nukilan dengan matan kitab
asli, kita harus mengembalikannya kepada matan kitab asli dan
mengoreksi nukilan tersebut. Tidak terkecuali dalam permasalahan ini.
Terdapat perbedaan lafadh dari manuskrip yang ada. Dr. Shaalih bin
Muqbil Al-‘Ashimiy hafidhahullah dalam desertasinya terhadap kitab Al-Ibaanah telah menjelaskan bahwa bentuk mufrad (tunggal) memang terdapat dalam salah satu naskah/manuskrip. Namun dalam naskah/manuskrip lainnya menggunakan bentuk mutsannaa (عَيْنَيْنِ). Dan inilah yang mu’tamad (sah) :
وأن له سبحانه عينين بلا كيف كما قال سبحانه : ( تجري بأعيننا ) من الآية ( 14 )
“Allah mempunyai dua mata tanpa ditanyakan bagaimananya, sebagaimana firman-Nya :‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’ (QS. Al-Qamar : 14)”.
Dan seperti itulahlah yang dinukil oleh Adz-Dzahabi dalam Al-‘Ulluw (hal. 262) dari kitab At-Tabyiin karangan Ibnu ‘Asaakir (sebagaimana telah disebutkan di atas).
Kalaulah
hal ini dianggap sebagai satu perbedaan, maka perbedaan ini tidaklah
bertentangan karena Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah ingin menetapkan sifat‘ain/mata pada Allah ta’ala – dimana hal itu dinafikkan oleh Asy’ariyyah dan semisalnya.
Dalam Al-Qur’an, kata ‘ain disebutkan dalam bentuk mufrad yang di-idlafah-kan kepadadlamir mufrad, dan juga dalam bentuk jamak yang di-idlafah-kan kepada dlamir jamak.
Contoh kata ‘ain yang disebutkan dalam bentuk mufrad yang di-idlafah-kan kepada dlamir mufrad adalah :
وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي
“Dan supaya kamu diasuh di bawah mata (pengawasan)-Ku” [QS. Thaha : 39].
Penyebutan kata ‘ain (mata) dalam bentuk mufrad di sini tidak berarti hanya menunjukkan satu ‘ain (mata) saja, sebagaimana firman Allah ta’ala :
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا
“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya” [QS. Ibraahiim : 34].
Yang dimaksud adalah, kenikmatan-Nya yang bemacam-macam yang tidak termasuk dalam pembatasan dan bilangan.
Contoh kata ‘ain yang disebutkan dalam bentuk jamak yang di-idlafah-kan kepada dlamir jamak adalah :
وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ
“Dan
bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu
berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu
ketika kamu bangun berdiri” [QS. Ath-Thuur : 48].
Adapun penetapan sifat bahwasannya Allah mempunyai dua mata (‘ainaan - عَيْنَانِ) adalah hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma, bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
إن الله لا يخفى عليكم، إن الله ليس بأعور - وأشار بيده إلى عينه - وإن المسيح الدجال أعور العين اليمنى، كأن عينه عنبة طافية
“Sesungguhnya Allah tidaklah tersembunyi darimu. Sesungguhnya Allah itu tidak buta sebelah mata-Nya” - Beliau mengatakan sambil berisyarat kepada matanya - .“Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal itu buta sebelah matanya yang kanan, seakan-akan buah anggur yang mengapung (menonjol keluar)” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].
Perkataan : ‘beliau mengatakan sambil berisyarat kepada matanya’ dalam hadits Dajjaal di atas menunjukkan bahwa makna ‘ain (mata) yang dinisbahkan kepada Allah adalah makna dhahir, bukan ta’wil sebagaimana diyakini oleh Asy’ariyyah. Mereka (Asy’ariyyah) menakwilkan sifat mata (‘ain) dengan ilmu (al-‘ilmu).
Hal senada dengan di atas adalah apa yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :
عن عطاء : عن ابن عباس رضي الله عنه في قوله عز وجل : (تَجْرِيْ بِأَعْيُنِنَا) [القمر : ١٤]. قَالَ : أشار بيده إلى عينيه.
Dari ‘Athaa’ : Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma mengenai firman Allah ‘azza wa jalla :‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’ (QS.
Al-Qamar : 14), maka ‘Athaa’ berkata : Ibnu ‘Abbas berisyarat dengan
tangannya kepada dua matanya’ [Diriwayatkan oleh Al-Laalika’iy, 3/411;
di dalam sanadnya terdapat ‘Aliy bin Shadaqah yang tidak diketemukan
biografinya, adapun perawi yang lainnya adalah tsiqah – dinukil melalui perantaraan Al-Asyaa’irah fii Mizaani Ahlis-Sunnah oleh Faishal bin Qazaar Al-Jaasim, hal. 90; Al-Mabarratul-Khairiyyah li-‘Uluumil-Qur’an was-Sunnah, Cet. Thn. 1428, Kuwait].
Al-Imam Asy-Syafi’iy rahimahullah berdalil dengan hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumadi atas untuk menetapkan sifat dua mata bagi Allah ta’ala, dengan perkataannya :
وَأَنَّهُ
لَيسَ بِأَعْوَرَ بِقَولِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم إِذْ ذَكَرَ
الدَّجَّالَ فَقَالَ : إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ
بِأَعْوَرَ.
“Bahwasannya Allah itu tidak buta sebelah mata-Nya dengan dasar sabda Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika menyebutkan perihal Dajjaal, beliau bersabda :‘Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya, dan sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah mata-Nya” [Thabaqaatul-Hanaabilah oleh
Al-Qadli Abu Ya’la Al-Farraa’, 2/269, tahqiq : Dr. ‘Abdurrahman bin
Sulaiman Al-‘Utsaimin; Terbitan Univ. Ummul-Qurra’, Cet. Thn. 1419].
Al-Imam Al-Baihaqi rahimahullah juga berdalil dengan hadits di atas ketika menetapkan sifat ‘ain (mata) sebagai salah satu sifat dzatiyyah bagi Allah ta’ala [lihat Al-Asmaa’ wash-Shifaat oleh Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqiy, 2/114-115, tahqiq : ‘Abdullah bin Muhammad Al-Haasyidiy; Maktabah As-Suwadiy].
I’tiqad bahwasannya Allah mempunyai dua mata adalah i’tiqad para imam salaf Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah.
Telah berkata Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah :
وقال أهل السنة وأصحاب الحديث: ليس بجسم ولا يشبه الأشياء وأنه على العرش كما قال عز وجل: "الرحمن على العرش استوى" ولا نقدم بين يدي الله في القول بل نقول استوى بلا كيف وأنه نور كما قال تعالى: "الله نور السماوات والأرض" وأن له وجهاً كما قال الله: "ويبقى وجه ربك" وأن له يدين كما قال: "خلقت بيدي" وأن له عينين كما قال: "تجري بأعيننا"
“Telah berkata Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits :
Allah tidak bersifat mempunyai badan (seperti makhluk), dan tidak pula
Dia menyerupai sesuatupun (dari makhluk-Nya). Dan bahwasannya Dia berada
di atas ‘Arsy sebagaimana firman-Nya ‘azza wa jalla :‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS.
Thaha : 5). Kami tidak mendahului Allah dengan satu perkataanpun
tentangnya, namun kami mengatakan bahwa Allah bersemayam (istiwaa’) tanpa menanyakan bagaimananya. Dan bahwasannya Allah mempunyai cahaya sebagaimana firman-Nya ta’ala : ‘Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi’ (QS. An-Nuur : 35). Dan bahwasannya Dia mempunyai wajah sebagaimana firman Allah : ‘Dan tetap kekal wajah Tuhan-Mu’ (QS. Ar-Rahmaan : 27). Dan bahwasannya Dia mempunyai dua tangan sebagaimana firman-Nya : ‘Kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku’ (QS. Shaad : 75). Dan bahwasannya Dia mempunyai dua mata sebagaimana firman-Nya : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’(QS. Al-Qamar ; 14)” [Maqaalatul-Islaamiyyiin oleh
Abul-Hasan Al-Asy’ariy, hal. 260-261, tahqiq : Muhammad Muhyiddin
‘Abdul-Hamiid; Maktabah An-Nahdlah Al-Mishriyyah, Cet. 1/1369 H].
Scan kitab Maqaalatul-Islaamiyyiin karya Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah, hal. 260-261 (Maktabah An-Nahdlah Al-Mishriyyah, Cet. 1/1369 H) dapat dilihat di bawah :
Telah berkata Al-Imam Al-Laalika’iy rahimahullah :
سياق ما دل من كتاب الله عز وجل وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم على أن من صفات الله عز وجل الوجهوالعينين واليدين
“Pembicaraan yang ditunjukkan oleh Kitabullah ‘azza wa jalla dan Sunnah Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam adalah : Termasuk sifat-sifat Allah ‘azza wa jalla adalah (bahwa Dia mempunyai) wajah, dua mata, dan dua tangan” [Tahqiq Kitaab Syarh Ushuulil-I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-Jama’ah li-Abil-Qaasim Hibatullah Al-Laalikaiy oleh Ahmad bin Mas’ud Al-Hamdaan, 3/412; desertasi S3 Universitas Ummul-Qurra’].
Telah berkata Al-Imam Ibnu Khuzaimah rahimahullah :
فواجب على كل مؤمن أن يثبت الخالقه وبارئه ما ثبّت الخالق البارئ لنفسه، من العين،
غير مؤمن : من ينفي عن الله تبارك وتعالى ما قد ثبته الله في محكم تنزيله،
ببيان النبي صلى الله عليه وسلم الذي جعله الله مبينًا عنه، عز وجل، في
قوله : (وأنزلنا إليك الذكر لتبين للناس ما نزل إليهم)، فبين النبي صلى الله عليه وسلم أن الله عينين،فكان بيانه موافقًا لبيان محكم التنزيل، الذي هو مسطور بين الدفتين، مقروء في المحاريب الكتاتيب.
“Maka,
wajib bagi setiap mukmin untuk menetapkan bagi Al-Khaaliq Al-Baari
(Allah) apa-apa yang telah ditetapkan oleh Al-Khaaliq Al-Baari bagi
diri-Nya, yaitu sifat ‘ain (mata).Sebaliknya, bukan termasuk golongan mukmin orang yang menafikkan dari Allah tabaaraka wa ta’ala apa-apa yang telah ditetapkan oleh Allah di dalam Muhkam At-Tanzil-Nya (Al-Qur’an) dan ditambah penjelasan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang memang dijadikan Allah sebagai juru penerang untuk setiap khabar yang berasal dari-Nya, melalui firman-Nya : ‘Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka’ (QS. An-Nahl : 44). Maka, Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam pun menjelaskan bahwa bagi Allah itu mempunyai dua mata, dan penjelasannya itu sejalan dengan penjelasan Muhkam At-Tanzil (Al-Qur’an) yang tertera di antara lembaran-lembaran yang dibaca di mihrab-mihrab ataupun di tempat-tempat pengajian” [Kitaabut-Tauhiid wa Itsbaati Shifaatir-Rabb ‘Azza wa Jalla oleh Ibnu Khuzaimah, hal. 97, tahqiq : Dr. ‘Abdul-‘Aziiz bin Ibrahim Asy-Syahwaan; Daar Ar-Rusyd, Cet. 1/1408 H].
Menetapkan
sifat dua mata, dua tangan, wajah, kaki, jari-jari, dan yang lainnya
dari sifat dzatiyyah Allah sebagaimana dhahir maknanya bukan merupakan tasybih (penyerupaan Allah kepada makhluk-Nya). Apalagi sampai menuduh sebagai mujassimah ataumusyabbihah !
Al-Imam Ishaq bin Rahawaih rahimahullah berkata :
إنما
يكون التشبيه إذا قال : يد مثل يدي أو سمع كسمعي، فهذا تشبيه. وأما إذا
قال كما قال الله : يد وسمع وبصر، فلا يقول : كيف، ولايقول : مثل، فهذا لا
يكون تشبيهاً، قال تعالى : (لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيْعُ
الْبَصِيْرُ
”Tasybih itu
hanya terjadi ketika seseorang itu mengatakan : ”Tangan (Allah) seperti
tanganku, pendengaran (Allah) seperti pendengaranku”. Inilah yang
dinamakan tasybih(penyerupaan). Adapun jika seseorang mengatakan
seperti firman Allah : ’Tangan, pendengaran, penglihatan’ , kemudian ia
tidak menyatakan : ’bagaimana’ dan ’seperti’; maka itu tidak termasuk
tasybih. Allah berfirman : ”Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [Mukhtashar Al-’Ulluw lidz-Dzahabi, hal. 69].
Al-Imam Nu’aim bin Hammad Al-Khuzaa’iy Al-Haafidh rahimahullah berkata :
من شبه الله بخلقه، فقد كفر، ومن أنكر ما وصف به نفسه فقد كفر، وليس ما وصف به نفسه، ولا رسولُه تشبيهاً
”Barangsiapa
yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya, maka ia telah kafir.
Barangsiapa yang mengingkari apa-apa yang disifatkan Allah bagi
diri-Nya, maka ia telah kafir. Dan tidaklah apa yang disifatkan Allah
bagi diri-Nya dan (yang disifatkan) Rasul-Nya itu sebagai satu
penyerupaan (tasybih)” [Mukhtashar Al-’Uluuw, hal. 184 no. 216, dengan sanad shahih].
Tuduhan mereka (ahlul-bid’ah) kepada Ahlus-Sunnah sebagai kaum Musyabbihah sudah terjadi semenjak beratus-ratus tahun yang lalu, sebagaimana dikatakan oleh Abu ‘Utsman Ash-Shabuniy rahimahullah :
وعلامات
البدع على أهلها بادية ظاهرة، وأظهر آياتهم وعلاماتهم شدة معاداتهم لحملة
أخبار الني صلى الله عليه وسلم، واحتقارهم لهم وتسميتهم إياهم حشوية وجهلة
وظاهرية ومشبهة، اعتقادا منهم في أخبار الرسول صلى الله عليه وسلم أنها
بمعزل عن العلم، وأن العلم ما يلقيه الشيطان إليهم من نتائج عقولهم
الفاسدة، ووساوس صدورهم المظلمة، وهواجس قلوبهم الخالية من الخير، وحججهم
العاطلة. أولئك الذين لعنهم الله
“Tanda-tanda
bid’ah yang ada pada ahlul-bid’ah adalah sangat jelas. Dan tanda-tanda
yang paling jelas adalah permusuhan mereka terhadap pembawa khabar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam (yaitu para ahlul-hadits), memandang rendah mereka, serta menamai mereka sebagai hasyawiyyah, orang-orang bodoh, dhahiriyyah, dan musyabbihah. Mereka meyakini bahwa hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
mengandung ilmu. Dan bahwasannya ilmu itu adalah apa-apa yang dibawa
setan kepada mereka dalam bentuk hasil pemikiran aka-akal rusak mereka,
was-was yang terbisikkan dalam hati-hati mereka yang penuh kegelapan,
dan hal-hal yang terlintas dalam hati mereka nan kosong dari kebaikan
dan hujjah. Mereka adalah kaum yang dilaknat oleh Allah” [selesai].
Kesimpulan yang ingin ditekankan di point ini adalah bahwa klaim pemalsuan kitab Al-Ibaanah yang
mereka tuduhkan kepada ‘Wahabi’ sama sekali tidak berdasar. Omong
kosong belaka. Semakin banyak tuduhan mereka justru semakin mengungkap
siapa sebenarnya mereka dan seberapa jauh keilmuan yang mereka miliki.
Akhirnya, kita hanya berharap kepada Allah agar memberikan keistiqamahan
kepada kita semua di atas manhaj yang haq, sekaligus memberikan
petunjuk kepada mereka yang telah tersesat dari jalan-Nya yang lurus.
Abu Al-Jauzaa’ – Perumahan Ciomas Permai, Bogor.
Foot Note :
[12] Banyak ulama telah menuliskan perihal Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullahbeserta kitab Al-Ibanah-nya, diantaranya adalah : Al-Haafidh Ibnu ‘Asaakir dalam Tabyiinu Kadzibil-Muftariy, Al-Imam Al-Baihaqiy dalam Al-I’tiqaad, Al-Haafidh Adz-Dzahabi dalamAl-‘Ulluw, Al-Imam Ibnul-‘Imad dalam Syadzdzaratudz-Dzahab, dan yang lainnya.
[13] Namun dalam cetakan yang diberikan ta’liq oleh
Al-Kautsariy, tambahan ini ia munculkan. Ia (Al-Kautsariy) melakukannya
untuk menuruti hawa nafsunya, padahal hal ini tidak ada dalam
naskah/manuskrip aslinya.
Sumber : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/06/al-imam-abul-hasan-al-asyariy-asyaairah.html
Sumber : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/06/al-imam-abul-hasan-al-asyariy-asyaairah.html
Post a Comment