Hukum Pengobatan dengan Meminum Air Yang Dicelupkan Tulisan Ayat Al-Qur'an

Memberi Pengobatan dengan Meminumkan Air yang Dicelup Tulisan Ayat-ayat Al Qur’an  Bagaimana Hukumnya ?
Dalil yang mendasari
Terdapat sebuah hadits marfuu’ yang mendasari hal ini, yaitu yang diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Bakr Ibnus Sunniy rahimahullah :

حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الْهَمْدَانِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُغِيرَةِ، ثنا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنِ ابْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَضِيَ اللَّـهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ” إِذَا عَسُرَ عَلَى الْمَرْأَةِ وَلَدُهَا، أَخَذَ إِنَاءً لَطِيفًا يَكْتُبُ فِيهِ [كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ] إِلَى آخِرِ الآيَةِ، وَ[كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا]، وَ[لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لأُولِي الأَلْبَابِ] إِلَى آخِرِ الآيَةِ، ثُمَّ يُغْسَلُ، وَيَسْقِي الْمَرْأَةَ مِنْهُ، وَيَنْضَحُ عَلَى بَطْنِهَا وَفَرْجِهَا

‘Aliy bin Ahmad bin Sulaimaan menceritakan kepadaku, Ahmad bin Sa’iid Al-Hamdaaniy menceritakan kepada kami, ‘Abdullaah bin Muhammad bin Al-Mughiirah menceritakan kepada kami, Sufyaan Ats-Tsauriy menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abi Lailaa, dari Al-Hakam, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhuma, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda,
“Apabila seorang wanita mengalami kesusahan saat melahirkan, ambillah bejana pipih dan tulis di dalamnya,
(Pada hari mereka melihat adzab yang diancamkan kepada mereka…hingga akhir ayat ; QS Al-Ahqaaf : 35),
(Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari ; QS An-Naazi’aat : 46) dan
(Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal…hingga akhir ayat ; QS Yuusuf : 111).
Kemudian basuh dan beri minum si wanita darinya serta percikkan pada perut dan farjinya.”
[‘Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no. 619]
‘Abdullaah bin Muhammad bin Al-Mughiirah Al-Kuufiy,
Abu Haatim berkata “laisa bil qawiy”,
Ibnu Yuunus berkata “munkarul hadiits”,
Ibnu ‘Adiy berkata “semua yang ia riwayatkan tidak mempunyai mutaba’ah”.
[Miizaan Al-I’tidaal 4/178]
Al-Hakam dalam sanad diatas adalah Al-Hakam bin ‘Utaibah.
Inilah satu-satunya sanad marfuu’ bagi hadits ini.
Kemudian riwayat ini didatangkan pula dalam sanad mauquuf hingga Ibnu ‘Abbaas dari jalur :
A. Sufyaan Ats-Tsauriy, terdapat 3 jalur
(1) Melewati Ya’laa bin ‘Ubaid, dari Ats-Tsauriy :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُسْلِمٍ، قَالَ: حَدَّثُونِي عَنْ يَعْلَى، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: ” إِذَا عَسِرَ عَلَى الْمَرْأَةِ وِلَادُهَا، فَلْيُكْتَبْ لَهَا: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهَ الْحَلِيمَ الْكَرِيمَ، سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ

Ahmad menceritakan kepada kami, ‘Abdullaah bin Muslim mengkhabari kami, ia berkata, mereka menceritakan kepadaku, dari Ya’laa, dari Sufyaan Ats-Tsauriy, dari Muhammad, dari Al-Hakam, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata,
“Apabila seorang wanita mengalami kesusahan saat melahirkan, maka tulislah untuknya : Bismillaahirrahmanirrahiim, laa ilaaha illallaah, Al-Haliimal Kariim, Subhaanallaahi Rabbil ‘arsyil ‘azhiim, alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin, Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasiq (QS Al-Ahqaaf : 35).”
[Al-Mujaalasah wa Jawaahir Al-‘Ilm 5/170 no. 1996]
Riwayat ini disebutkan pula dalam Masaa’il Al-Imam Ahmad riwayat ‘Abdullaah no. 1623.
Ya’laa bin ‘Ubaid bin Abi Umayyah Al-Kuufiy, Abu Yuusuf Ath-Thanaafisiy,
Al-Haafizh menyebutkan bahwa ia tsiqah, kecuali pada riwayatnya dari Ats-Tsauriy, maka terdapat kelemahan.
[Taqriib At-Tahdziib no. 7844]
Muhammad dalam sanad di atas adalah Ibnu Abi Lailaa.
(2) Melewati ‘Abdullaah bin Al-Mubaarak, dari Ats-Tsauriy :
Syaikhul Islam Abul ‘Abbaas Ibnu Taimiyyah rahimahullah menyebutkan dalam Majmuu’ Fataawaa-nya 19/64-65 :

وَقَالَ أَبُو عَمْرٍو مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَد بْنِ حَمْدَانَ الحيري: أَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ النسوي؛ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَد بْنِ شبوية؛ ثنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيقٍ؛ ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ؛ عَنْ سُفْيَانَ؛ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى؛ عَنْ الْحَكَمِ؛ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ؛ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: إذَا عَسِرَ عَلَى الْمَرْأَةِ وِلَادُهَا فَلْيَكْتُبْ: بِسْمِ اللَّهِ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ؛ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ؛ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ،كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا، كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إلَّا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلَاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ

Abu ‘Amr Muhammad bin Ahmad bin Hamdaan Al-Hiiriy berkata, Al-Hasan bin Sufyaan An-Naswiy telah memberitahu kami, ‘Abdullaah bin Ahmad bin Syibawaih menceritakan kepadaku, ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq menceritakan kepada kami, ‘Abdullaah bin Al-Mubaarak menceritakan kepada kami, dari Sufyaan, dari Ibnu Abi Lailaa, dari Al-Hakam, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata,
“Apabila seorang wanita mengalami kesusahan saat melahirkan, tulislah : Bismillaah, Laa ilaaha illallaahul ‘Aliyyul ‘Azhiim, Laa ilaaha illallaahul Haliimul Kariim, Subhaanallaahi wa Ta’aala Rabbal ‘arsyil ‘azhiim, walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin, (kemudian QS An-Naazi’aat ayat 46 dan QS Al-Ahqaaf : 35).”
‘Abdullaah bin Al-Mubaarak bin Waadhih Al-Hanzhaliy, Abu ‘Abdirrahman Al-Marwaziy, tsiqah tsabat, seorang yang faqih dan ‘aalim.
[Taqriib At-Tahdziib no. 3570]
(3) Melewati Mush’ab bin Maahaan, dari Ats-Tsauriy :
قرأت فِي كِتَاب الطب لأبي يَعْقُوبَ إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْبَحْرِيُّ أعطاني أَبُو عمران إبراهيم بْن هانئ كِتَاب اللَّه عَنْ شجاع بْن صبيح عَنْ مصعب بْن ماهان عن الثوري عن بن أَبِي ليلى عَنْ الحكم عَنْ مقسم عَنْ ابْن عباس فِي المرأة إذا عسر عليها الولاد بسم اللَّه الرحمن الرحيم، كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ، وكَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا
Aku membaca di dalam kitab Ath-Thibb karya Abu Ya’quub Ishaaq bin Ibraahiim Al-Bahriy, Abu ‘Imraan Ibraahiim bin Haani’ memberiku sebuah kitabullah, dari Syujaa’ bin Shubaih, dari Mush’ab bin Maahaan, dari Ats-Tsauriy, dari Ibnu Abi Lailaa, dari Al-Hakam, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbaas,
"Mengenai seorang wanita apabila ia mengalami kesusahan ketika melahirkan, (maka tulislah) : Bismillaahirrahmanirrahiim (kemudian QS Al-Ahqaaf ayat 35 dan QS An-Naazi’aat ayat 46).”
[Taariikh Jurjaan hal. 229]
Miqsam dalam sanad diatas adalah Abul Qaasim Miqsam bin Bujrah, maulaa ‘Abdullaah bin Al-Haarits dan dikatakan ia maulaa Ibnu ‘Abbaas. Al-Haafizh mengatakan bahwa ia shaduuq dan kerap me-mursalkan riwayat.
[Taqriib At-Tahdziib no. 6873]
Sedangkan Mush’ab, namanya adalah Mush’ab bin Maahaan Al-Marwaziy Al-‘Asqalaaniy, Al-Haafizh berkata bahwa ia shaduuq, ahli ibadah namun banyak melakukan kesalahan.
[Taqriib At-Tahdziib no. 6694]
Dan kami tidak mendapatkan keterangan mengapa dalam sanad ini disebutkan nama Miqsam padahal dalam jalur Sufyaan Ats-Tsauriy dari perawi lain yang lebih tsiqah disebutkan Sa’iid bin Jubair. Ada kemungkinan kekeliruan datang dari Ibnu Abi Lailaa ataupun Mush’ab. Wallaahu a’lam.
B. ‘Aliy bin Mushir
Al-Imam Abu Bakr bin Abi Syaibah rahimahullah menceritakan :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: إِذَا عَسِرَ عَلَى الْمَرْأَةِ وَلَدُهَا، فَيَكْتُبُ هَاتَيْنِ الآيَتَيْنِ وَالْكَلِمَاتِ فِي صَحْفَةٍ ثُمَّ تُغْسَلُ فَتُسْقَى مِنْهَا، بِسْمِ اللَّهِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ، وَرَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ،[كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا]،[كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ
‘Aliy bin Mushir menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abi Lailaa, dari Al-Hakam, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata,
“Apabila seorang wanita mengalami kesusahan saat melahirkan, tulislah (pada secarik kertas) dua ayat dan kalimat-kalimat berikut di dalam sebuah mangkuk (yang berisi air), kemudian basuh dan beri minum si wanita dari air tersebut. Kalimat-kalimat tersebut adalah : Bismillaahi laa ilaaha illaa Huwal Haliimul Kariim, Subhaanallaahi Rabbis samawaatis sab’i wa Rabbil ‘arsyil ‘azhiim (kemudian QS An-Naazi’aat ayat 46 dan QS Al-Ahqaaf ayat 35).”
[Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no. 23855]
‘Aliy bin Mushir Al-Qurasyiy, Abul Hasan Al-Kuufiy, seorang qadhiy wilayah Mosul. Al-Haafizh berkata bahwa ia tsiqah, mempunyai beberapa riwayat-riwayat gharib.
[Taqriib At-Tahdziib no. 4800]
C. Hafsh bin ‘Abdirrahman
Sebagaimana Al-Imam Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah menarasikan :
أَخْبَرَنَا أَبُو طَاهِرٍ الْفَقِيهُ، أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ الْقَطَّانُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيدَ السُّلَمِيُّ، حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى، حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ عُتَيْبَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ” فِي الْمَرْأَةِ يَعْسُرُ عَلَيْهَا وَلَدُهَا، قَالَ: يُكْتَبُ فِي قِرْطَاسٍ ثُمَّ تُسْقَى: بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَكِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللَّهِ تَعَالَى رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ، كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا
Abu Thaahir Al-Faqiih mengkhabari kami, Abu Bakr Al-Qaththaan mengkhabari kami, Muhammad bin Yaziid As-Sulamiy menceritakan kepada kami, Hafsh bin ‘Abdirrahman menceritakan kepada kami, Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Abi Lailaa menceritakan kepada kami, Al-Hakam bin ‘Utaibah menceritakan kepada kami, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas,
"Mengenai seorang wanita yang kesusahan saat melahirkan. Ibnu ‘Abbaas berkata, “Tulislah pada selembar kertas kemudian beri ia minum dengannya : Bismillaahil-ladziy laa ilaaha illaa Huwal Hakiimul Kariim, subhaanallaahi Ta’aala Rabbil ‘arsyil ‘azhiim, alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin, (kemudian QS Al-Ahqaaf ayat 35 dan QS An-Naazi’aat ayat 76).”
[Ad-Da’awaat Al-Kabiir no. 468]
Hafsh bin ‘Abdirrahman bin ‘Umar Al-Balkhiy, Abu ‘Umar Al-Faqiih An-Naisaabuuriy, Al-Haafizh berkata ia shaduuq dan ahli ibadah namun tertuduh berpemahaman murji’ah.
[Taqriib At-Tahdziib no. 1410]
Kesimpulan sanad hadits
Sebagai kesimpulan, hadits Ibnu ‘Abbaas ini diriwayatkan dengan 2 jalur :
Jalur pertama yaitu marfuu’ dan ia hanya berasal dari periwayatan ‘Abdullaah bin Muhammad bin Al-Mughiirah, dari Ats-Tsauriy, dari Ibnu Abi Lailaa, dan seterusnya.
Sementara jalur kedua yaitu mauquuf dan ia berasal dari 3 jalur periwayatan :
Sufyaan Ats-Tsauriy, yang mana 3 orang perawi meriwayatkan darinya, yaitu Ya’laa bin ‘Ubaid, ‘Abdullaah bin Al-Mubaarak dan Mush’ab bin Maahaan.
Ya’laa bin ‘Ubaid walaupun ia dha’if jika meriwayatkan dari Sufyaan Ats-Tsauriy, namun ia di-mutaba’ah oleh Ibnul Mubaarak. Sedangkan hadirnya nama Miqsam menggantikan Sa’iid bin Jubair diantara Al-Hakam bin ‘Utaibah dan Ibnu ‘Abbaas kemungkinan berasal dari kekeliruan Mush’ab bin Maahaan ataupun Ibnu Abi Lailaa sendiri.
‘Aliy bin Mushir, dan
Hafsh bin ‘Abdirrahman.
Walhasil, riwayat yang mauquuf lebih rajih dan lebih dimenangkan ketimbang riwayat marfuu’ karena berasal dari jalur periwayatan yang lebih banyak dan para perawinya lebih tsiqah serta mu’tamad, sebagaimana Imam Abu Bakr Al-Baihaqiy merajihkan riwayat yang mauquuf. Hanya saja, hadits Ibnu ‘Abbaas ini berporos pada periwayatan Muhammad bin ‘Abdirrahman bin Abi Lailaa (Ibnu Abi Lailaa), sementara kata Al-Haafizh, ia shaduuq namun hapalannya sangat buruk (At-Taqriib no. 6081), dan ia bersendirian dalam meriwayatkan hadits ini. Syaikh Masyhuur bin Hasan aalu Salmaan hafizhahullah melemahkan hadits ini dalam ta’liiq-nya atas kitab Al-Mujaalasah 5/170.
Namun ternukil dari beberapa ulama salaf bahwa mereka memberikan keringanan serta membolehkan meruqyah, mengobati orang sakit dan wanita yang mengalami kesusahan saat melahirkan dengan menggunakan air yang dicelupkan kertas bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an didalamnya, kami akan datangkan kalam mereka berikut beberapa ulama muta’akhirin, in syaa Allah.
Ulama-ulama yang membolehkan
Dari kalangan ulama salaf adalah :
Imam Mujaahid bin Jabr rahimahullah
لا بأس أن يكتب القرآن، ويغسله، ويسقيه المريض
“Tidak mengapa menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an lalu membasuhnya dan meminumkannya kepada orang yang sakit.”
[Zaadul Ma’aad 4/157]
Imam Abu Qilaabah ‘Abdullaah bin Zaid Al-Jarmiy rahimahullah
قال أيوب: رأيت أبا قلابة كتب كتابا من القرآن، ثم غسله بماء، وسقاه رجلا كان به وجع
Ayyuub berkata, “Aku melihat Abu Qilaabah menulis sebagian dari ayat-ayat Al-Qur’an, kemudian membasuhnya dengan air lalu ia memberi minum seorang lelaki yang sedang sakit (dengan air tersebut).”
[Zaadul Ma’aad 4/157]
Imam Sufyaan bin Sa’iid Ats-Tsauriy rahimahullah
Dalam Taariikh Jurjaan hal. 229 setelah disebutkan sanad dan hadits Ibnu ‘Abbaas, Ats-Tsauriy berkata :
يكتب بعسل أَوْ زعفران أَوْ نحوهما ثم يغسله فتشربها المرأة
“Ditulis dengan menggunakan madu, za’faran atau yang sejenis dengan keduanya, kemudian dibasuh (dengan air) dan engkau minumkan kepada si wanita.”
Imam Wakii’ bin Al-Jarraah rahimahullah
فَتُسْقَى وَيُنْضَحُ مَا دُونَ سُرَّتِهَا
“Diberi minum dan diperciki daerah di bawah pusarnya.”
[Majmuu’ Al-Fataawaa 19/64]
Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah
Ternukil dari Imam Ahmad, riwayat-riwayat yang banyak. Kami akan sebutkan beberapa saja agar tidak terlalu panjang.
قَالَ الخلال: حَدَّثَنِي عبد الله بن أحمد: قَالَ رَأَيْتُ أَبِي يَكْتُبُ لِلْمَرْأَةِ إِذَا عَسُرَ عَلَيْهَا وِلَادَتُهَا فِي جَامٍ أَبْيَضَ، أَوْ شَيْءٍ نَظِيفٍ، يَكْتُبُ حَدِيثَ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
Al-Khalaal berkata, ‘Abdullaah bin Ahmad menceritakan kepadaku, ia berkata,
“Aku melihat ayahku menulis sesuatu di dalam gelas putih atau suatu wadah yang bersih, untuk seorang wanita yang mengalami kesusahan ketika melahirkan, ia menulis hadits Ibnu ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhu (yakni hadits Ibnu ‘Abbaas diatas).”
قَالَ الخلال: أَنْبَأَنَا أبو بكر المروذي، أَنَّ أبا عبد الله جَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا أبا عبد الله! تَكْتُبُ لِامْرَأَةٍ قَدْ عَسُرَ عَلَيْهَا وَلَدُهَا مُنْذُ يَوْمَيْنِ؟ فَقَالَ: قُلْ لَهُ: يَجِيءُ بِجَامٍ وَاسِعٍ، وَزَعْفَرَانٍ
Al-Khalaal berkata, Abu Bakr Al-Marruudziy memberitahu kami, bahwa seorang laki-laki datang kepada Abu ‘Abdillaah (Imam Ahmad), ia berkata,
“Wahai Abu ‘Abdillaah! Maukah engkau tuliskan untuk seorang wanita yang telah mengalami kesusahan melahirkan sejak 2 hari lalu?” Imam Ahmad berkata, “Katakan kepada si laki-laki : Bawakan kemari gelas yang lebar dan za’faran (aku akan tuliskan beberapa ayat Al-Qur’an).”
[Zaadul Ma’aad 4/328]
قال أبو داود في مسائل الإمام أحمد لأبي داود (260): سمعت أحمد سئل عن الرجل يكتب القرآن في شيء ثم يغسله ويشربه ؟ قال :أرجوا أن لا يكون به بأسا
Imam Abu Daawud berkata dalam Masaa’il Al-Imam Ahmad riwayat Abu Daawud hal. 260,
“Aku mendengar Ahmad ditanya mengenai seorang lelaki yang menulis ayat Al-Qur’an pada sebuah wadah, kemudian ia membasuhnya serta meminumnya? Ahmad menjawab, “Aku berharap tidak mengapa dengan perbuatan yang demikian.”
Kemudian dari kalangan muta’akhirin adalah :
Syaikhul Islam Taqiyuddiin Abul ‘Abbaas Ibnu Taimiyyah rahimahullah
وَيَجُوزُ أَنْ يَكْتُبَ لِلْمُصَابِ وَغَيْرِهِ مِنْ الْمَرْضَى شَيْئًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ وَذِكْرُهُ بِالْمِدَادِ الْمُبَاحِ وَيُغْسَلُ وَيُسْقَى كَمَا نَصَّ عَلَى ذَلِكَ أَحْمَد وَغَيْرُهُ
“Dibolehkan bagi orang yang terkena penyakit dan yang selainnya untuk dituliskan sesuatu dari Al-Qur’an dan Dzikrullah dengan tinta yang diperbolehkan, lalu dibasuh dan airnya diminumkan kepada orang yang sakit, sebagaimana telah di-nashkan akan hal tersebut oleh Imam Ahmad dan selain beliau.”
[Majmuu’ Al-Fataawaa 19/64]
Lajnah Daa’imah Arab Saudi dan beberapa masyaikh kibar
Sebagaimana dalam fatwa yang ditampilkan oleh situs IslamQA berikut :
سئل الشيخ محمد إبراهيم آل الشيخ رحمه الله : هل يجوز أن يكتب للمريض بعض آيات قرآنية في إناء يغسله ثم يشربه ؟
فأجاب : ” لا يظهر في جواز ذلك بأس . وقد ذكر ابن القيم رحمه الله أن جماعة من السلف رأوا أن يكتب للمريض الآيات من القرآن ثم يشربها ” انتهى من “فتاوى الشيخ محمد إبراهيم” (1/94)
Syaikh Muhammad bin Ibraahiim aalu Asy-Syaikh -rahimahullah- ditanya : “Apakah boleh bagi orang yang sakit untuk dituliskan beberapa ayat Al-Qur’an didalam sebuah bejana kecil lalu dibasuh (dengan air) kemudian meminumnya?”
Dijawab : “Tak nampak kesalahan dalam kebolehan perbuatan yang demikian. Telah disebutkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah bahwa segolongan kaum salaf berpendapat agar dituliskan beberapa ayat Al-Qur’an bagi orang yang sakit kemudian meminumnya.” Selesai dari Fataawaa Syaikh Muhammad bin Ibraahiim (1/94)
وجاء في “فتاوى اللجنة الدائمة” (1/97) : ” وقراءة القرآن أو السنة على المريض مباشرة بالنفث عليه ثابتة بالسنة المطهرة من رقية الرسول صلى الله عليه وسلم لنفسه ولبعض أصحابه ، أما كتابة الآيات بماء الورد والزعفران ونحو ذلك ثم غمرها في الماء وشربها ، أو القراءة على العسل واللبن ونحوها ودهن الجسم بالمسك وماء الورد المقروء عليه آيات قرآنية- فلا بأس به ، وعليه عمل السلف الصالح ” انتهى
Tertera dalam Fatwa Lajnah Da’imah (1/97) : “Pembacaan Al-Qur’an atau (do’a-do’a) As-Sunnah atas orang yang sakit langsung dengan cara meludahi (bagian tubuh) yang sakit, telah tetap berasal dari tatacara ruqyah Rasul Shallallaahu ‘alaihi wasallam di dalam Sunnah Muthaharah, baik itu yang beliau lakukan kepada dirinya sendiri maupun kepada beberapa orang sahabatnya. Adapun penulisan beberapa ayat dengan air mawar, za’faran atau yang sejenis dengannya kemudian dicelup ke dalam air dan airnya diminum, atau membacakan Al-Qur’an pada segelas madu, susu dan yang sejenis dengannya, atau memakaikan minyak misik dan air mawar yang telah dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an padanya ke bagian-bagian tubuh tertentu, maka tidak mengapa dengannya, baginya amalan para salafush shalih.” Selesai.
وقال الشيخ ابن باز رحمه الله : ” أما كتابة الآيات والأدعية الشرعية بالزعفران في صحن نظيف أو أوراق نظيفة ثم يغسل فيشربه المريض فلا حرج في ذلك ، وقد فعله كثير من سلف الأمة ، كما أوضح ذلك العلامة ابن القيم رحمه الله في زاد المعاد وغيره ، إذا كان القائم بذلك من المعروفين بالخير والاستقامة ” انتهى من “فتاوى إسلامية” (1/30)
Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata : “Adapun penulisan ayat-ayat dan do’a-do’a syar’i dengan menggunakan za’faran di dalam mangkuk yang bersih atau beberapa lembar kertas yang bersih kemudian dibasuh (dengan air) dan setelah itu orang yang sakit meminumnya, maka tidak ada larangan pada perbuatan yang demikian. Banyak dari kaum salaf umat ini telah melakukannya sebagaimana hal itu dijelaskan oleh Al-‘Allaamah Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah didalam kitab Zaadul Ma’aad dan selainnya, yaitu apabila orang yang melakukan perbuatan tersebut termasuk ke dalam golongan orang-orang yang ma’ruf dengan kebaikan dan istiqamah didalam agama.” Selesai dari Fataawaa Al-Islaamiyyah (1/30).
Sumber penukilan : https://islamqa.info/ar/118865
Kemudian Syaikh Muhammad bin Shaalih Al-‘Utsaimin rahimahullah :
وذكر عن بعض السلف الصالح أنه كان يكتب آيات من القرآن في إناء بالزعفران فيخضخض بالماء ويشربه المريض، فلو فعل ذلك فلا بأس إن شاء الله تعالى ” أهـ
المصدر : مجموع فتاوى ابن عثيمين (17/60)
“Disebutkan dari beberapa ulama salafus shalih bahwa mereka menulis dengan menggunakan za’faran beberapa ayat dari Al-Qur’an didalam sebuah bejana, lalu diaduk-aduk dengan air kemudian orang yang sakit meminum air tersebut. Andaikan seseorang melakukan hal seperti ini, maka tidak mengapa in syaa Allahu Ta’ala.”
Selesai dari Majmuu’ Fataawaa Ibnu ‘Utsaimin (17/60).
Ulama-ulama yang memakruhkan
Imam Ibraahiim An-Nakha’iy dan Imam Ibnu Siiriin rahimahumallah
عن ابْنُ عَوْنٍ، قَالَ: سَأَلْتُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ رَجُلٍ كَانَ بِالْكُوفَةِ يَكْتُبُ مِنَ الْفَزَعِ آيَاتٍ، فَيَسْقِي الْمَرِيضَ، فَكَرِهَ ذَلِكَ “. قَالَ أَبُو عُبَيْدٍ: وَأَحْسَبُهُ ذَكَرَ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ مِثْلَهُ
Dari Ibnu ‘Aun, ia berkata, aku bertanya kepada Ibraahiim mengenai seorang lelaki yang berada di Kuufah dan ia menulis ayat-ayat perlindungan dari rasa takut, lalu ia memberi minum orang yang sakit (dengannya), maka Ibraahiim memakruhkan hal yang demikian.”
Abu ‘Ubaid (Al-Qaasim bin Sallaam) berkata, “Aku merasa hal serupa juga disebutkan dari Ibnu Siiriin.”
[Fadhaa’il Al-Qur’an li Al-Qaasim bin Sallaam no. 861]
Syaikh Muhammad Naashiruddiin Al-Albaaniy rahimahullah
Syaikh ditanya mengenai hukum pengobatan dengan Al-Qur’an dengan cara membacanya, misalnya pada segelas air. Syaikh menjawab :
ما له أصل! هذا كالكتابة على الورقة ثم شعلها كما ذكرت آنفاً كل هذا ليس له أصل. وكل خير في اتباع من سلف *** وكل شر في ابتداع من خلف
“Perbuatan seperti ini tidak memiliki dasar! Perbuatan ini, misalnya penulisan (ayat-ayat Al-Qur’an) di atas kertas kemudian kertas tersebut dibakar sebagaimana telah kusebutkan sebelumnya, semua perbuatan ini tidak ada dasarnya. Semua kebaikan ada pada ittiba’ dengan kaum salaf dan semua keburukan ada pada ibtida’ kaum khalaf.”
Dalam kesempatan lain, Syaikh Al-Albaaniy berkata :
فإن لم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أولاً؛ وعن الصحابة ثانياً أنهم علقوا بعض الآيات؛ ولم يثبت أن كُتبت في وعاء ثم شرب ماؤه للمعالجة والدواء؛ فنحن نقول حينذاك بقول بعض السلف الآخر الذين قالوا إن تعليق بعض الآيات القرآنية على الصدر أو تحت الإبط أو نحو ذلك هو من التمائم المحرمة في الإسلام وهنا نقول كما علمنا الرسول -عليه الصلاة والسلام- أن نقول وخير الهدى هدى محمد -صلى الله عليه وآله وسلم
“Jika tidak tsabit (perbuatan seperti itu) dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pada awalnya, dan selanjutnya tidak pula dari sahabat; bahwasanya mereka menggantungkan sebagian ayat, dan tidak pula tsabit menulis ayat-ayat di dalam sebuah wadah kemudian meminum airnya untuk pengobatan dan obat, maka kami katakan setelahnya dengan perkataan sebagian salaf yang lain yang mana mereka berkata : sesungguhnya menggantungkan sebagian ayat Al-Qur’an di dada, dibawah ketiak, atau yang sejenis perbuatan tersebut adalah tergolong jimat-jimat yang diharamkan di dalam agama Islam, dan disini kami tegaskan sebagaimana Rasul ‘alaihish shalaatu wassalaam mengajari kita bahwa sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam.”
Selengkapnya fatwa-fatwa Syaikh Al-Albaaniy mengenai pembahasan serupa dapat dibaca disini : http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=124342
Syaikh Rabii’ bin Haadiy ‘Umair Al-Madkhaliy hafizhahullah
Syaikh Rabii’ ditanya mengenai hukum pembacaan Al-Qur’an pada air, maka ia menjawab :
لا ينبغي، وإن قاله بعض العلماء؛ لا يوجد دليل عليه، الرسول صلى الله عليه وسلم ما فعل هذا، والصحابة ما فعلوا، بارك الله فيكم، وهؤلاء الذين يُجيزون الكتابة وبعض الأشياء والغُسل ومثل هذه الحاجات ما عندهم أدلة، وهم علَّمونا أننا لا نقبل مسألة إلا بالدليل، فكلٌّ يؤخذ من قوله ويُرد إلا رسول الله عليه الصلاة والسلام
“Tak sepatutnya dilakukan, walau sebagian ulama mengatakan kebolehannya. Tiada wujud dalil akan perbuatan tersebut, Rasul Shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak melakukannya, begitu pula para sahabat. Semoga Allah memberkahi kalian. Para ulama yang membolehkan penulisan beberapa ayat, lalu dibasuh, dan hal-hal yang semisal keperluan ini, mereka tidak memiliki dalil-dalil sementara merekalah yang telah mengajarkan kita bahwasanya janganlah kita menerima sebuah permasalahan kecuali dengan dalil. Maka setiap orang dapat diambil dan ditolak perkataannya kecuali Rasulullah ‘alaihish shalaatu wassalaam.”
Sumber : http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=18&id=107
Pendapat para fuqaha’ madzhab dalam permasalahan ini
Madzhab Hanafiyyah
Al-‘Allaamah Muhammad Aamiin bin ‘Aabidiin Ad-Dimasyqiy Al-Hanafiy rahimahullah berkata :
اختلف في الاستشفاء بالقرآن بأن يقرأ على المريض أو الملدوغ الفاتحة، أو يكتب في ورق ويعلق عليه أو في طست ويغسل ويسقى، و على الجواز عمل الناس اليوم
“Ada perbedaan pendapat dalam hal pengobatan dengan Al-Qur’an yaitu dengan membacakan Al-Faatihah kepada orang yang sakit atau tersengat binatang, atau menulis (ayat-ayatnya) di kertas lalu digantungkan, atau (menulis) pada sebuah baskom kemudian dibasuh (dengan air) dan airnya diminumkan, dan orang-orang pun beramal dengannya pada masa-masa sekarang karena kebolehan perbuatan tersebut.”
[Haasyiyyah Ibni ‘Aabidiin 3/364]
Madzhab Maalikiyyah
Al-Imam Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al-Faasiy, atau yang lebih kita kenal dengan nama Ibnul Haaj Al-Maalikiy rahimahullah, ia berkata :
وما زال الأشياخ من الأكابر رحمة الله عليهم يكتبون الآيات من القرآن والأدعية فيسقونها لمرضاهم ويجدون العافية عليها
“Para syaikh dari kalangan tua -semoga rahmat Allah tercurah atas mereka- senantiasa menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an dan do’a-do’a, lantas mereka memberi minum dengannya kepada orang-orang yang sakit dan mereka pun mendapatkan kesembuhan padanya.”
[Al-Madkhal 4/121]
Madzhab Syaafi’iyyah
Al-Imam Muhyiddiin Abu Zakariyaa Yahyaa bin Syarf An-Nawawiy Asy-Syaafi’iy rahimahullah berkata :
ولو كتب القرآن في إناء ثم غسله وسقاه المريض فقال الحسن البصري ومجاهد وأبو قلابة والأوزاعي : لا بأس به وكرهه النخعي ؛ ومقتضى مذهبنا أنه لا بأس به
“Walaupun menulis Al-Qur’an pada sebuah bejana, kemudian membasuhnya (dengan air) dan meminumkannya kepada orang yang sakit, maka Al-Hasan Al-Bashriy, Mujaahid, Abu Qilaabah dan Al-Auzaa’iy telah berkata : tak mengapa dengan yang demikian, sementara An-Nakha’iy memakruhkannya. Maka yang menjadi pilihan madzhab kami adalah bahwa perbuatan tersebut tak mengapa.”
[Al-Majmuu’ Syarh Al-Muhadzdzab 2/171]
Al-Imam Taajuddiin Abu Nashr ‘Abdul Wahhaab bin ‘Aliy bin ‘Abdil Kaafiy As-Subkiy Asy-Syaafi’iy rahimahullah berkata :
وَرَأَيْت كثيرا من الْمَشَايِخ يَكْتُبُونَ هَذِه الْآيَات للْمَرِيض ويسقاها فِي الْإِنَاء طلبا للعافية
“Dan aku melihat banyak para masyaikh menulis ayat-ayat Al-Qur’an ini di dalam sebuah bejana kepada orang yang sakit dan memberinya minum demi mencari kesembuhan.”
[Thabaqaat Asy-Syaafi’iyyah Al-Kubraa 5/159]
Madzhab Hanaabilah
Telah berlalu kalam sang imam pendiri madzhab ini berikut Syaikhul Islam Abul ‘Abbaas Ibnu Taimiyyah yang kami kira sudah mencukupi untuk mewakili madzhab ini.
Kesimpulan
Menulis beberapa ayat Al-Qur’an, do’a-do’a atau dzikir-dzikir ma’tsurat di atas kertas atau di dalam sebuah wadah dengan tinta yang aman, za’faran atau yang sejenisnya, lalu dibasuh dengan air, kemudian airnya tersebut diminumkan kepada orang yang sakit, atau untuk membantu wanita yang kesusahan saat melahirkan dengan cara meminum airnya dan diperciki daerah sekitar perut hingga farjinya, atau untuk ruqyah pengobatan secara umum, adalah amalan yang tiada tsabit dalam Sunnah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, juga tiada tsabit dalam amalan para sahabat -radhiyallaahu ‘anhum jami’an- dikarenakan lemahnya dalil yang mendasarinya.
Meskipun begitu, ia adalah amalan yang diamalkan oleh para salaf untuk membantu kaum muslimin yang tengah tertimpa sakit ataupun gangguan kesehatan lainnya, dan banyak para ulama dari zaman salaf hingga sekarang telah membolehkan dan memberi keringanan pada amalan tersebut, termasuk para imam 4 madzhab yang telah diakui keilmuannya dan ittiba’nya mereka terhadap sunnah.
Walaupun terjadi perbedaan pendapat dalam permasalahan ini, kami lebih cenderung pada pendapat yang menyatakan kebolehannya, dengan tetap menyandarkan harapan kesembuhan ketika proses pengobatan hanya kepada Allah Asy-Syaafiy (Maha Penyembuh), dan orang yang memberi pengobatan adalah orang yang ma’ruf dengan kebaikan serta terkenal istiqamahnya di dalam agama dan ittiba’nya terhadap sunnah, sebagaimana kata Syaikh Ibnu Baaz dalam penjabaran yang telah berlalu. Dan karena Al-Qur’an secara umum adalah penawar dan rahmat bagi kaum muslimin. Dengannya, Allah Asy-Syaafiy berfirman :
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا
“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian.” [QS Al-Israa’ : 82]
وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ
Dan jika Kami jadikan Al-Qur’an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al-Qur’an) dalam bahasa asing, sedangkan (Rasul adalah orang) Arab? Katakanlah, “Al-Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al-Qur’an itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh.” [QS Fushshilat : 44]
Demikian yang dapat kami tuliskan, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Kesembuhan hanya dari Allah Asy-Syaafiy, sedangkan manusia tempatnya keburukan dan dosa.
Wallaahu a’lam.

2/Post a Comment/Comments

  1. Online gambling for the public - Dr. Martin's Association of
    online gambling for the public · Online gambling 용인 출장안마 for 수원 출장샵 the public · Online gambling 광주 출장샵 for 속초 출장샵 the 여수 출장샵 public · Online gambling for the public · Online gambling for the

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post