Asbâbun Nuzûl Surat al-Baqarah (2), Ayat: 219
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا. ........................................................................ (٢١٩)
219. Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya (khamr dan judi) terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia; Akan tetapi dosa keduanya (khamr dan judi) lebih besar daripada manfaatnya”. ................................... .
Imâm Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya:
رَوَى أَحْمَدُ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَدِمَ رَسُوْلُ اللهِ الْمَدِيْنَةَ وَرَأَى بَعْضَ أَصْحَابِ وَهُمْ يََشْرَبُوْنَ الْخَمْرَ وَيَأْكُلُوْنَ الْمَيْسِرَ. فَسَألُوْا رَسُوْلَ اللهِ عَنْهُمَا فَأَنْزَلَ اللهُ: "يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا. .......................................................... (masih ada lanjutannya).
“Imâm Ahmad bin Hanbal meriwayatkan dari Abû Hurairah, dia (Abû Hurairah) berkata: “Tatkala Rasûlullâh SAW. datang ke Madinah beliau (Nabi SAW.) melihat para Sahabat sedang minum khamr (arak/minuman yang memabukkan) dan bermain judi. Kemudian mereka (para Sahabat yang sedang mabuk dan bermain judi) menanyakan kedua hal itu (minum khamr dan bermain judi) kepada Rasûlullâh SAW; Maka Allâh SWT. menurunkan ayat:
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا. ........................................................................ (٢١٩)
219. Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya (khamr dan judi) terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia; Akan tetapi dosa keduanya (khamr dan judi) lebih besar daripada manfaatnya”. ................................... .
“………………………………………………………......... (masih ada lanjutannya).
KETERANGAN:
Kata Imâm Ahmad bin Hanbal: “Hadis di atas berkualitas shahih”. Imâm Ahmad bin Hanbal dalam riwayat lain juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalamMusnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbalnya (5390 dan 1765), melalui jalur ‘Abdullâh bin ‘Abbâs. Ath-Thayâlisî juga meriwayatkan sebagaimana Hadis di atas dalam Musnad Abû Dâwûd ath-Thayâlisînya (1957), melalui jalur ‘Abdullâh bin ‘Umar. Ibnu Jarîr juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Jâmi’ al-Bayâni fi at-Ta’wîl al-Qurâninya (4/331). Ibnu Katsîr juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalamTafsîr al-Qurân al-‘Adzîmnya (4/330 dan 4/331). Imâm Jalâluddîn as-Suyûthî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam ad-Dâr al-Mantsûrnya (2/314-315) dan dinisbahkan/disandarkan ke ath-Thayâlisî, Ibnu Jarîr, Ibnu Abî Hâtim, Ibnu Mardawaih dan al-Bayhaqî dalam Syu’ab al-Îmân. Ibnu Abî Hâtim juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tafsîr Ibn Abî Hâtimnya (373/1/2) dari ‘Abdullâh ‘Umar melalui jalur Abî Syuraih ‘Abdurrahmân bin Syuraih dari Syurâhil bin Bukaîl, dan Thâriq bin Lahî’ah dari Abî Tha’amah. Ahmad Musthafâ al-Marâghî juga mengeluarkan sebagaimana Hadis di atas dalam Tarjamah Tafsîr al-Marâghînya (halaman: 241).
BIBLIOGRAFI
Ad-Dâr al-Mantsûr (as-Suyûthî/Jalâluddîn ‘Abdurrahmân bin Abî Bakr as-Suyûthî).
Jâmi’ al-Bayâni fi at-Ta’wîl al-Qurâni (Ibnu Jarîr/Abu Ja’far ath-Thabarî Muhammad bin
Jarîr bin Yazîd bin Katsîr bin Ghâlib al-Âmalî).
Musnad Abû Dâwûd ath-Thayâlisî (ath-Thayâlisî/Sulaimân bin Dâwud ath-Thayâlisî).
Musnad al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal (Imâm Ahmad bin Hanbal/Ahmad bin Hanbal Abû
‘Abdullâh asy-Syaibânî).
Sunan al-Bayhaqî (al-Bayhaqî).
Syu’ab al-Îmân (al-Bayhaqî).
Tafsîr al-Qurân al-‘Adzîm (Ibnu Katsîr/Abû al-Fidâ-u Isma’îlu bin ‘Amr bin Katsîr al-
Qurasyî ad-Dimasyqî).
Tafsîr Ibn Abî Hâtim (Ibnu Abî Hâtim).
Tafsîr Ibn Mardawaih (Ibnu Mardawaih).
Tarjamah Tafsîr al-Marâghî (Ahmad Musthafâ al-Marâghî).
Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya.
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb.
peraturan komentar:
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa.
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit.
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
Post a Comment